Executive Marketing


Agam Syarif

Hyundai BSD Serpong
Jalan Raya Serpong No.KM. 7 RW, Jl. Pd. Jagung No.32, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Phone: +6285774223898
Email: agamsyarif107@gmail.com

Raih Mobil Impianmu

Ini Sejarah Berdirinya Hyundai

Sejarah Hyundai, Berawal dari Perusahaan Konstruksi Kini Jadi Merek Otomotif Dunia


Kepoin Yuuukkk :


Kemajuan perusahaan otomotif tidak terjadi dalam semalam. Ada sejarah panjang di balik kesuksesan suatu merek. Salah satunya Hyundai, perusahaan otomotif asal Korea Selatan.    Berawal dari perusahaan rekayasa dan konstruksi Hyundai didirikan pada 1947. Nama Hyundai diambil berasal dari bahasa Korea, terdiri atas kata Hyun (?) berarti modern atau 'sekarang' dan 'Dai' (?) mengacu pada era atau generasi. 

Menyusul pembebasan Korea Selatan pada 1945, perusahaan tersebut dianugerahi kontrak konstruksi pemerintah yang besar bertanggung jawab membangun sebagian besar infrastruktur transportasi negara itu seiring dengan pesatnya industri di negara tersebut.  Pada 1967, Hyundai mendirikan perusahaan otomotif Hyundai Motor Company. Perusahaan ini didirikan pada 1967 oleh Chung Ju-yung bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul.

Setahun berikutnya, pembangunan pabrik perakitan di Ulsan dibangun. Dilansir dari laman resmi Hyundai, MInggu (20/6/2021), saat ini pabrik di Ulsan menjadi fasilitas manufaktur mobil terintegrasi paling besar di dunia, dengan kapasitas produksi tahunan 1,6 juta unit.   Dermada kapal global yang dioperasikan oleh Hyundai Glovis dan afiliasi pembuatan bajanya sendiri, Hyundai Motor Group mengendalikan seluruh rantai pasokannya.




Cortina adalah kendaraan pertama yang dirakit Hyundai di pabrik Ulsan, bekerja sama dengan Ford Motor Company pada 1968.

Menyusul kesuksesan awal Cortina yang menyebar hingga pasar Eropa, Hyundai memutuskan mengembangkan mobil sendiri. Perusahaan mempekerjakan George Turnbull, mantan Managing Director Austin Morris di British Leyland pada Februari 1974.  Tak butuh waktu lama Turnbull segera mempekerjakan enam kepala insinyur Eropa untuk membantunya, termasuk seorang perancang bodi, dua perancang sasis, dua insinyur produksi, serta seorang insinyur uji.

Bersama-sama mereka menciptakan Pony yang dipresentasikan di Turin Motor Show pada Oktober 1974, dan diperkenalkan ke pasar pada Desember 1975.  Mobil itu dijuluki 'kukmincha', yang berarti 'mobil untuk rakyat'. Mobil penggerak roda belakang kompak ini adalah merek Korea Selatan pertama yang diproduksi secara massal. Ini menjadi kendaraan andalan Hyundai selama bertahun-tahun.  Hyundai mulai mengekspor Pony ke Chili, Argentina, Kolombia dan Mesir pada 1976. Ekspor Eropa ke Belgia dan Belanda dimulai pada 1978, dengan Yunani ditambahkan tak lama kemudian.  Memasuki era 1980-an Hyundai memperluas ekspansi ke pasar Internasional. Pada 1986, Pony Excel menjadi model Hyundai pertama yang dijual di Amerika Serikat.


Mobil tersebut terjual 168.000 unit pada tahun pertama penjualannya di AS, membuat rekor sepanjang masa yang masih bertahan hingga hari ini. 


Pada musim semi 1990, produksi agregat mobil Hyundai mencapai angka empat juta. Kemudian, pada 1991, perusahaan mencapai tonggak sejarah lain, karena mengembangkan mesin bensin eksklusif pertamanya,  Alpha empat silinder, serta transmisi sendiri. Ini membuka jalan kemandirian teknologi Hyundai. Mesin Alpha memulai debutnya di Hyundai Scoupe 1992.  Selama dekade tersebut, Hyundai terus berkembang dan mengkonsolidasikan posisinya sebagai produsen mobil internasional terkemuka. Hyundai memperkenalkan banyak model populer pada periode itu, termasuk Accent, Dynasty dan Tiburon.  Pada pergantian milenium, Hyundai mulai merombak citranya untuk memantapkan dirinya sebagai merek kelas dunia.

Perusahaan induknya, Hyundai Motor Group banyak berinvestasi dalam kualitas, desain, manufaktur, dan penelitian jangka panjang kendaraan, khususnya di Eropa.  Hyundai merupakan perusahaan otomotif dengan pertumbuhan penjualan tercepat di dunia. Hyundai bersama Kia menjadi produsen mobil terbesar keempat berdasarkan penjualan pada 2010. Pada 2008, Hyundai (tanpa Kia) menempati posisi kedelapan di dunia. Pada 2010, Hyundai mencetak penjualan 3,6 juta unit kendaraan di seluruh dunia.  Sepanjang 2010, Hyundai semakin mengalihkan perhatiannya pada kendaraan dan teknologi ramah lingkungan. Hyundai kini telah bertekad memimpin era mobilitas bebas polusi dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mencari kemungkinan energi baru.




Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Sejarah Hyundai, Berawal dari Perusahaan Konstruksi Kini Jadi Merek Otomotif Dunia  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/sejarah-hyundai-berawal-dari-perusahaan-konstruksi-kini-jadi-merek-otomotif-dunia.